Minggu, 23 September 2012

  Jenis Otot dan Fungsi nya
 
Coba perhatikan apa yang akan terjadi apabila manusia tidak Memiliki otot? Manusiatidak akan dapatmelakukan pergerakan, sebab otot merupakan alat gerak aktif yangsangat penting bagi manusia. Menurut jenisnya, ada 3 macam otot, yaitu:a. Otot polos,. Otot lurik, Otot jantung
Ciri-Ciri Otot
Ciri-ciri otot polos
•Bentuknya gelondong, kedua ujungnya meruncing dan dibagian tengahnyamenggelembung.
 
•Mempunyai satu inti sel.
 
•Tidak memiliki garis
-garis melintang (polos).
•Bekerja diluar 
kesadaran, artinya tidak dibawah pe tah otak, oleh karena ituotot polos disebut sebagai otot tak sadar.
•Terletak pada otot usus, otot saluran peredaran darah otot saluran kemih,dan lain lain.
 Ciri-ciri otot lurik 
•Bentuknya silindris, memanjang.
 
•Tampak 
adanya garis-garis melintang yang tersusun seperti daerah gelap danterang secara berselang-seling(lurik).
•Mempunyai banyak inti sel.
 
•Bekerja dibawah kesadaran, artinya menurut perintah otak, oleh karena ituotot lurik disebut sebagai otot sadar.
 
•Terdapat pada otot paha, otot betis, otot dada, otot.
 Ciri-ciri otot jantung
•Otot jantung ini hanya terdapat pada jantung. Struk turnya sama seperti ototlurik, gelap terang secara berselang
seling dan terdapat percabangan sel.
•Kerja otot jantung tidak 
bisa dikendalikan oleh kemauan kita, tetapi bekerjasesuai dengan gerak jantung. Jadiotot jantung menurut bentuknya sepertiotot lurik dan dari proses kerjanya seperti otot polos, oleh karena itudisebut juga otot spesial.
Gerak dan Kerja Otot
Kerja Otot ManusiaOtot manusia bekerja dengan cara berkontraksi sehingga otot akan memendek,mengeras dan bagian tengahnyamenggelembung (membesar). Karena memendekmaka tulang yang dilekati oleh otot tersebut akan tertarik atauterangkat. Kontraksisatu macam otot hanya mampu untuk menggerakkan tulang kesatu arah tertentu.Agar tulangdapat kembali ke posisi semula, otot tersebut harus mengadakanrelaksasi dan tulang harus ditarik ke posisisemula. Untuk itu harus ada otot lainyang berkontraksi yang merupakan kebalikan dari kerja otot pertama. Jadi,untukmenggerakkan tulang dari satu posisi ke posisi yang lain, kemudian kembali ke posisisemula diperlukanpaling sedikit dua macam otot dengan kerja yang berbedaBerdasarkan cara kerjanya, otot dibedakan menjadi otot antagonis dan otot sinergis.otot antagonis menyebabkanterjadinya gerak antagonis, yaitu gerak otot yangberlawanan arah. Jika otot pertama berkontraksi dan otot yangkedua berelaksasi,sehingga menyebabkan tulang tertarik / terangkat atau sebaliknya. Otot sinergismenyebabkanterjadinya gerak sinergis, yaitu gerak otot yang bersamaan arah. Jadikedua otot berkontraksi bersama danberelaksasi bersama.
Gerak Antagonis
Contoh gerak antagonis yaitu kerja otot bisep dan trisep pada lengan atas danlengan bawah.Otot bisep adalahotot yang mempunyai dua tendon (dua ujung) yang melekat padatulang dan terletak di lengan atas bagiandepan.Otot trisep adalah otot yang mempunyai tiga tendon (tiga ujung) yang melekat padatulang dan terletak dilengan atas bagian belakang.Untuk mengangkat lengan bawah, otot bisep berkontraksi dan otottrisepberelaksasi.Untuk menurunkan lengan bawah, otot trisep berkontraksi dan otot bisepberelaksasi.Gerak SinergisGerak sinergis terjadi apabila ada 2 otot yang bergerak dengan arah yang sama.Contoh: gerak tanganmenengadah dan menelungkup.Gerak ini terjadi karena kerja sama antara ototpro nator teresdengan ototpronator kuadratus.Contoh lain gerak sinergis adalah gerak tulang rusuk akibat kerja sama otot-ototantara tulang rusuk ketika kitabernapas.























Semoga Dapat Membantu :D



Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar